Pengertian Wordpress





Kali ini ane mau posting tentang apa yang dimaksud wordpress beserta fitur-fiturnya ,,

- Definisi
WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya .

Sumber : wikipedia





- Fitur-fitur wordpress

Taut WordPress – Taut memungkinkan Anda untuk menciptakan, memelihara dan memperbarui sejumlah blogroll dari antarmuka administrasi Anda. Hal ini jauh lebih cepat daripada memanggil pengelola blogroll eksternal.

Tema WordPress — WordPress hadir dengan sebuah sistem tema penuh yang membuat segala pendesainan dari yang paling sederhana hingga webzine yang paling rumit pun menjadi sebuah pekerjaan enteng. Anda bahkan dapat memiliki berbagai tema yang benar-benar berbeda yang Anda tukar dengan sekali klik. Milikilah desain baru setiap harinya.

Alat komunikasi lintas-blog — WordPress sepenuhnya mendukung standart Lacakbalik dan Pingbalik, dan kami berkomitmen untuk mendukung standart-standart masa depan selagi mereka berkembang.

Komentar — Pengunjung ke situs Anda dapat meninggalkan pesan pada masing-masing entri, dan melalui Lacakbalik serta Pingbalik dapat memberi komentar pada situs mereka sendiri. Anda dapat menghidupkan atau mematikan fitur komentar pada masing-masing tulisan.

Proteksi spam — WordPress hadir dengan perkakas yang kokoh seperti daftar hitam terintegrasi dan pemeriksa proxy terbuka untuk mengelola dan mengeliminasi spam komentar pada blog Anda. Selain itu, ada sekumpulan plugin yang dapat meningkatkan fungsionalitasnya menjadi selangkah lebih maju.

Pendaftaran pengguna — WordPress memiliki sistem registrasi yang (jika Anda pilih) dapat memperbolehkan orang mendaftar ke blog Anda. Anda juga dapat menutup komentar bagi pengguna yang tidak terdaftar. Ada juga plugin yang menyembunyikan tulisan dari pengguna tingkat rendah.

Tulisan Terproteksi Kata Sandi — Anda dapat memberikan kata sandi kepada masing-masing tulisan untuk menyembunyikannya dari publik. Anda juga dapat memiliki tulisan pribadi yang hanya bisa dilihat oleh penulisnya sendiri.

Kemudahan instalasi dan penaiktingkatan — Menginstal WordPress dan menaiktingkatkannya dari versi sebelumnya dan dari perangkat lunak lain ialah pekerjaan mudah. Cobalah dan Anda akan heran mengapa tidak semua perangkat lunak web semudah ini.

Kemudahan Mengimpor — Saat ini kami memiliki pengimpor untuk Movable Type, Textpattern, Greymatter, Blogger, and b2. Pembuatan pengimpor untuk Nucleus dan pMachine sedang dalam proses.

Antarmuka XML-RPC — WordPress saat ini mendukung API blogger, API MetaWeblog, dan akhirnya API MovableType. Anda bahkan dapat menggunakan kelian yang didesain untuk platform lain semisal Zempt.

Alur Kerja — Anda dapat memiliki jenis pengguna yang hanya dapat mengirim naskah, bukan menerbitkan ke halaman muka.

Kemanisan tipografis — WordPress menggunakan mesin Texturize untuk secara cerdas mengonversi ASCII murni ke dalam entiti XHTML yang benar secara tipografis. Hal ini termasuk tanda kutip, apostrof, elips, tanda garis em dan en, simbol perkalian, dan ampersand. Untuk informasi mengenai penggunaan entiti yang benar lihat artikel Peter Sheerin The Trouble With Em ’n En.

Penulis multipel — Sistem pengguna WordPress yang mutakhir memungkinkan penjenjangan pengguna hingga 10 tingkat, dengan setiap tingkatnya memiliki kewenangan yang berlainan (dan dapat diatur) terhadap penerbitan, penyuntingan, opsi, dan pengaturan pengguna lain.

Bookmarklets — Bookmarklets lintas perambah mempermudah penerbitan ke blog Anda atau menambahkan taut ke dalam blogroll Anda dengan usaha minimal.

Ping — WordPress mendukung ping Ping-O-Matic, yang berarti paparan maksimal bagi blog Anda terhadap mesin pencari

Sumber : http://buatwordpressyuks.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar